vg

Thursday 26 September 2019

DIARY LATSAR CPNS (FINAL)


Di blog kali ini, aku mau share pengalaman selama Latihan Dasar (Latsar) CPNS tahun 2017 di PPLPN LAN Pejompongan. Sebenernya udah lama banget mau share, kenapa? karna banyak yang nanya dan penasaran sama gimana sih proses pembelajaran selama Latsar. Terlambat banget memang, tapi semoga bermanfaat buat kalian semua.

Latsar ini punya periode on campus dan off campus. Kalian bakal ngrasain on campus sekitar 1 bulan - off campus 4 bulan (pelaksanaan rancangan aktualisasi) - terus on campus lagi 5 hari buat presentasi hasil rancangan aktualisasi kalian. Awal mau Latsar rasanya males dan mager banget. Satu, mbayangin harus duduk seharian di kelas, dijejali sejuta materi yang entah nyambung entah enggak; Dua, mbayangin harus panas - panasan sama tentara buat menuhin materi bela negara; Tiga, mbayangin bakal dibentak - bentak buat bangun pagi - pagi. Empat, mbayangin ketemu orang - orang idealis - perfeksionalis - hobi tampil, yang nanya - nanya mulu di kelas (ini statement jahat sih wkwk); Lima, dan sejuta bayangan lainnya, yang intinya adalah "keluar dari zona nyamanmu".

NYATANYA?

Itu hanya bayangan bodoh, kekanak-kanakan, khawatir berlebih, lebay! Perasaan yang muncul karna kita sedang lupa bahwa dibalik kesusahan pasti ada kesenangan, dibalik duka pasti ada suka, dan kita sedang lupa bahwa kita tidak sedang sendiri!

Well. Selama periode on campus, kalian harus bangun pagi, senam pagi pukul 05.30 sampe 06.30, dan jangan lupa absen senam (ini intinya wkwk).  Katanya sih senam bersifat wajib, tapi prinsip ku bolehlah beberapa hari bolos, asal jangan tiap hari. Gak Sopan! :D. Setelah senam pagi, kita bisa sarapan bareng temen-temen dan persiapan kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran paling banyak dilakukan di kelas/ di auditorium besar.  Adapun pembelajaran di luar kelas hanya kegiatan olahraga 2 hari, PBB 1 hari, atau studi lapangan 2 hari (selain itu lupa).  Pembelajaran kelas dimulai pukul 08.00 - 10.15, mulai lagi pukul10.30 - 12.45, mulai lagi 14.00 - 16.15, dan mulai lagi 19.15 - 21.30. TELER gak tuh? wkwk bahkan pernah juga sampai jam 22.30 baru selesai.

Beberapa waktu lalu aku sempat posting kegiatan harian selama on campus Latsar. Bukan karna hobi nulis, tetapi (lebih) karena kita di-wajib-kan membuat 'artikel ulasan harian', menceritakan aktivitas dan pembelajaran apa yang kita dapat di hari itu. Kita WAJIB upload artikel harian ke sistem sebelum jam 00.00 malam. Bayangin aja kalau kelas baru selesai jam 22.30, banyakan rumpi, masuk kamar jam 11 malem, daaann sebelum jam 00.00 harus upload artikel harian.  Kalau sudah lewat waktu, terpaksa kalian TERCATAT melewatkan satu tugas Latsar. Honestly, karna aku bukan tipe orang yang disiplin - disiplin banget, tugas artikel harian ini, satu dua kali sering aku lewatkan hahaha. Mohon tidak ditiru :D Tugas artikel harian yang selalu aku buat pas lagi ngantuk-ngantukya, aku share juga di link - link ini. Tidak perlu dibaca! bahasanya membosankan, sedikit formal - akademik, dengan bumbu - bumbu kebohongan. dan kebokisan (dikit)

DIARY LATSAR CPNS (1)
DIARY LATSAR CPNS (2)
DIARY LATSAR CPNS (3)

DIARY LATSAR CPNS (4)
DIARY LATSAR CPNS (5)
DIARY LATSAR CPNS (6)
DIARY LATSAR CPNS (7)
DIARY LATSAR CPNS (8)
DIARY LATSAR CPNS (9)
DIARY LATSAR CPNS (10)
DIARY LATSAR CPNS (11)
DIARY LATSAR CPNS (12)
DIARY LATSAR CPNS (13)
DIARY LATSAR CPNS (14)
DIARY LATSAR CPNS (15)
DIARY LATSAR CPNS FINAL  

Jadwal kelas itu bisa kalian sesuaikan sama pengajar, jadi pengajar disana kebanyakan fleksibel soal waktu, misal break sholat ontime, majuin atau mundurin waktu, dll. Yang paling asik yaitu jadwal belajar mandiri alias belajar di kamar.  Gak mungkin kan belajar di kamar? so you have free time :D xoxoxo. Kita juga punya kesempatan izin (alias bolos) 3 jam pelajaran yang bisa kalian manfaatin, dengan bijak pastinya.

Pada dasarnya inti pembelajaran di kelas hanya satu, yaitu penanaman nilai - nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen mutu, dan Anti-korupsi). Lima nilai yang harus tertanam di jiwa Aparatur Sipil Negara masa kini #ASNMASAKINI. Sering aku diam - diam bangga sekaligus mengagumi argumen, opini, dan gaya bicara teman - teman di kelasku (Angkatan X Gelombang II). Kami yang memang berasal dari instansi dan pendidikan yang berbeda, belajar memahami sesuatu dari banyak sudut pandang. Berfikir kritis bersama, saling kritik saling sindir, berdebat dan berbeda pendapat, benar - benar menjadi obat kantuk kami di kelas.

Di Latsar, kalian akan menemukan dia yang super aktif di kelas dengan gaya bicara bijaksana dan menggebu - gebu; atau dia yang lebih banyak diam, yang sekalinya bicara semua mata terkagum tertuju padanya; atau dia yang diam di kelas tapi heboh di luar kelas;  atau dia yang cukup datang, diam, dan hanya tersenyum saat menjadi bahan incaran. Kamu juga akan menemukan ice breaking yang krik - krik, adu yel - yel antar-regu, atau lagu - lagu yang wajib dihafal walopun nada-nya enggak banget :(

Di tengah padatnya jadwal pembelajaran Latsar, berbahagialah :) karena di tengah kebosanan, kalian bakal punya banyak temen yang bisa diajakin rumpi di kelas, pergi kluyuran tengah malem, hunting makanan kantin yang lebih menggoda dibanding makanan yang udah disediain panitia, ngerjain tugas berjamaah di lorong asrama (yang ujungnya lebih banyak hura-hura dibanding ngerjain tugas), dan hal - hal asik lainnya yang gak mungkin gampang kalian lupain. Momen - momen itu bahkan akan lebih banyak kalian inget nantinya, dibanding segudang materi yang menjejali otakmu selama periode Latsar.

Minggu pertama sampai minggu ketiga kalian akan lebih banyak membahas teori. Nah di minggu keempat, kalian harus mulai fokus membuat PROPOSAL RANCANGAN AKTUALISASI. Proposal itu harus kalian presentasikan di hari terakhir on campus, sebelum masuk ke pelaksanaan aktualisasi (off campus) 4 bulan di kantor. Di tahap ini, biasanya temen - temen bakal bingung cari tema aktualisasi. So, kalian wajib banget berfikir simple, kenali masalah yang ada di unit kantor kalian, dengan syarat: Jangan berpikir ribet! Melihat masalah adalah hal mudah, sangat mudah. Didunia ini apa sih yang gak bisa dipermasalahin? Selanjutnya, pikirkan apa yang harus kalian lakukan. Kalian bisa pilih penyelesaian masalah berupa pembuatan aplikasi yang berbau teknologi informasi, menginisiasi suatu kegiatan, menginiasi pembetukan kelompok belajar, membuat peraturan atau SOP, membuat instrument, apapun itu, asalkan bisa kalian laksanakan. Sekali lagi, berfikir simple!

Minggu terakhir bisa dibilang minggu yang paling nano - nano. Selain kalian harus mempersiapkan presentasi proposal aktualisasi, kalian juga harus siap menhadapi ujian tertulis. Bisa dipastikan modul - modul latsar yang kalian beli di awal, cuma dibuka pas pembelajaran di kelas (so, saranku gak usah dibeli hehe). Sebelum ujian, boro - boro mikir mau baca modul. Pikiran udah terfokus sama Proposal rancangan aktualisasi yang belum selesai (PPT proposal ku aja baru final H - 30 menit kali). Alhasil, pas ujian tertulis kalian akan lebih banyak mengandalkan ilmu kebatinan + keberuntungan + capcipcup hahaha. Ujian tertulis Latsar berupa soal pilihan ganda, benar salah, dan esay yang jawabannya musti panjang lebar. Alhamdulillah, semua terlewati dengan mudah. kenapa? karena pertanyaannya lebih banyak opini, menyeret kita untuk berandai - andai dan ngawang - ngawang saat mengisinya.

Lanjut, periode off campus selama 4 bulan adalah waktu untuk kita merealisasikan apa yang sudah kita tuangkan dalam proposal. Setiap minggu kita diwajibkan meng-upload laporan progres aktualisasi ke sistem. So, Anda belum merdeka sepenuhnya kawan! Saran ku sih, mending kalian cicil pelaksanaan aktualisasinya. Sering karna kesibukan di kantor, kita lupa, alhasil aktualisasi berubah menjadi faketualisasi :D dikerjaan h - 1 sebelum kita harus on campus lagi selama 5 hari. Klasik!

Periode on campus jilid 2 adalah periode kangen - kangenan sekaligus deg - degan. Ya, di tahap ini kalian wajib mempresentasikan hasil aktualisasi kita, plus akan menjadi momen penentuan kelulusan Latsar. Emang bisa gak lulus? Bisa! FYI, bisa jadi TIDAK LULUS alias gagal jadi ASN atau DITUNDA KELULUSANNYA. Angkatan CPNS 2017 dan seterusnya memang hanya memiliki 1 kesempatan Latsar, so kalo sampai gak lolos, it means bukan rezeki kalian untuk menjadi aparatur sipil negara. Tapi gak perlu khawatir, asal kalian bisa jaga etika sopan santun dan gak berbuat macem -  macem, insyaAllah bakal lulus. Untuk kasus yang ditunda kelulusannya, biasanya karena nilai aktualisasi atau nilai ujian teori-nya masih dibawah standar kelulusan. Kelulusannya akan ditunda sampai yang bersangkutan berhasil memperbaiki.

Yap, itu dia sekilas pengalaman latsar di PPLPN LAN Pejompongan. By the way, pas pengumuman akhir alhamdulillah aku dapet ranking 1. Malu sumpah! wkwkwk. Inget kelakuan nakal dan ndableg-ku selama latsar, yang pastinya gak pantut dicontoh! Intinya, gak pantes banget akunya :(. Yakin deh, temen sekelas Latsar pasti gak ada yang nyangka aku peringkat 1 :D Inilah yang dinamakan KEBERUNTUNGAN ! hehe. 

Aku sangat bersyukur untuk setiap proses yang aku lalui selama Latsar.  Makasih banyak juga buat semua yang mendukung dan bantu aku selama periode Latsar ini ;) Luv.

Tulisan ini bakal ditutup dengan puisi karya Perdamaian Panjaitan yang sedikit banyak menggambarkan bagaimana suka - duka kehidupan pe-Latsar-an. Puisi itu berjudul ... LATSAR.

Pasti ...
Satu minggu dari sekarang
aku akan merindukan senam pagi kita
yang acak itu ... gerakan aneh serupa ... entahlah...

Satu minggu dari sekarang
aku akan merindukan seseorang yang men-denda-ku 5000 untuk lelapku yang terlalu panjang ...

Satu minggu dari sekarang
mungkin aku akan antri di depan galon di kantorku, meski tidak ada antrian,
mengantri di kafetaria... berharap ada yang menyela antrianku... seperti kalian... 

Satu minggu dari sekarang
aku akan merindukan ikan piranha goreng, yang menatapku curiga
tahu yang keasinan, dan mengapa juga mesti ada kerupuk di setiap makan pagi, siang, dan malam.

Aku akan merindukan lorong - lorong dimana kita bersenda gurau, tawa yang keterlaluan
dan setiap keluhan tentang tugas yang banyak
dan jurnal - jurnal malam yang mencuri waktu tidur
dan rancangan aktualisasi perubahan yang terkadang menyandera tenaga dan pikiranku

Latsar telah usai...

Lorong - lorong di kamar kita akan senyap
tidak ada lagi candaan teman sekamar
tidak ada lagi WA grup yang dihiasi foto - foto iseng teman yang telah terkantuk,
foto - foto cinta lokasi yang mengundang tanya

Latsar telah usai...
tapi kenangan tentang kita takkan pernah kulupakan

Latsar telah usai...
tapi persahabatan kita takkan pernah kulupakan
Sahabat, mungkin kita pernah berdebat dan berbeda pendapat
percayalah, semua itu tanda jika kita memang dekat

Kita mungkin berbeda, tapi bukan halangan untuk tetap punya tekad yang sama
mengabdi bagi ibu pertiwi tercinta...

(Perdamaian Panjaitan, teman Latsar yang aku curiga, sepertinya ia penulis buku "THE ART OF ERROR" yang tulisannya bakal membuat otakmu beneran error)

Tak perlu mengkhawatirkan Latsar, ia tak seburuk yang kalian bayangkan di awal, ia bahkan mampu mengukir cerita, cerita nano nano yang ahh benar - benar tidak mampu ku konversi dalam kata :) Happy Latsar !

0 comments:

Post a Comment