vg

Thursday 30 January 2020


TIPS DAN TRIK LOLOS CAT 
“Bukan Sekedar Lolos Passing Grade, Pastikan Nilai Kalian Tinggi!”


Tulisan ini darurat harus segera aku tulis karna lagi musim pendaftaran CPNS, dan banyak banget yang nanyain tips dan trik lolos CPNS.  Pastinya temen – temen udah tau kan, kalo tahap menjadi PNS itu ada 3 (tiga) tahap: (1) Seleksi Administrasi; (2) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang di tahap ini kalian akan menghadapi 100 soal pilihan ganda dengan sistem CAT (Computer Assisted Test); (3) Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diselenggarakan masing – masing Instansi Pemerintah yang dituju.

Nah di kesempatan ini, aku coba tulis beberapa point tips lolos CAT, semoga bisa bermanfaat yah.

1.   Pasang Niat & Keyakinan

Buat aku, niat itu penting banget sebelum kita memulai segala aktivitas. Sebelum mengikuti rangkaian seleksi CPNS, pastikan kalian sudah pasang niat.  Tidak hanya niat untuk menjadi PNS sebagai salah satu ‘pekerjaan’, tapi niatkan segala kebaikan di dalamnya. Niatkan untuk berbakti pada orang tua, untuk menyenangkan keluarga, untuk mengabdi pada negara, untuk membangun Indonesia, dan yang pasti untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi semakin banyak orang.  Niat yang besar dan kuat itu tentu akan menjadi kekuatan yang besar pula.  Jangan lupa juga minta restu/ridho orang tua dan keluarga.


2.   Latihan Soal CAT

Latihan Soal CAT akan membantu kalian memahami alur soal, jenis soal, maupun jumlah soal per kategori. Kalian bisa beli Buku Kumpulan Soal – Soal CAT di toko buku, Gramedia, misalnya. Gak mungkin ada soal yang sama sih, tapi setidaknya bisa meningkatkan insting :D. Kalian bisa mencoba berbagai latihan soal, sambil dihitung waktu & skornya.  Itu bisa membantu kalian mengukur seberapa dalam pemahaman dan kemampuan kalian dalam menjawab soal – soal CAT. Latihan ini juga bisa membuat kalian terbiasa menjawab jenis – jenis soal di CAT.

Berdiskusi bersama teman, mengerjakan latihan soal bersama, dan saling membandingkan nilai latihan kalian, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan selama persiapan CPNS kalian. Kalian juga bisa berbagi catatan, saling mengingatkan, saling tanya jawab, dan saling update informasi dengan teman - teman.

3.   Berfikir Cepat, Tepat, dan Cerdas

Di tes SKD ini, kalian akan dihadapkan pada 3 kategori soal: (1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berjumlah 35 soal; (2) Tes Intelegensia Umum (TIU) berjumlah 35 soal; dan (3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berjumlah 30 soal.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Biasanya soal – soal TWK mencakup:
  1. Sejarah Indonesia mulai dari zaman kerajaan, kemerdekaan, hingga peristiwa – peristiwa penting di Indonesia. So, kalian harus ingat tanggal – tanggal dan tokoh – tokoh penting di peristiwa – peristiwa tersebut. Pengalaman saya di tes SKD tahun 2017, soal – soal ini banyak keluar.  Dari 35 soal TWK, setidaknya saya mendapatkan 5 – 7 soal tentang sejarah Indonesia.  Namun menurut teman saya yang mengikuti tes SKD tahun 2018, soal – soal hafalan seperti tanggal – tanggal dan tokoh – tokoh penting jarang keluar.
  2. Nilai - nilai pengamalan pancasila termasuk sejarah pancasila.  Berdasarkan pengalaman saya (2017) dan teman saya (2018), soal – soal ini dapat dipastikan keluar.  Dalam soal, akan terdapat contoh perilaku/kondisi sehari – hari, dan kalian diminta menentukan sila mana yang mencerminkan kondisi tersebut.  Sekilas terlihat mudah, namun sering kali membingungkan karena pada dasarnya nilai masing – masing sila saling berarisan.  Tips nya, kalian musti mengingat 45 Butir – Butir Pancasila yang bisa kalian googling. Poin - poinnya cukup jelas menggambarkan nilai - nilai di masing - masing sila pancasila.
  3. Makna pasal – pasal penting UUD 1945 termasuk sejarah terbentuknya (plus amandemen-nya yah)
  4. Pengetahuan tentang tata negara termasuk kebijakan – kebijakan penting pemerintah.
 Tes Intelegensia Umum (TIU), Biasanya soal – soal TIU mencakup:
  1. Sinonim dan Antonim Kata
  2. Struktur Kalimat Bahasa Indonesia yang benar dan pemilihan kata
  3. Tes numerik: deret angka, soal aritmetika/ hitungan,
  4. Tes logika/ penalaran logis: Soal premis, jika-maka
  5. Tes penalaran analitis: biasanya berupa soal cerita (siapa yang paling pintar, siapa yang paling muda, dll).  Untuk menjawab soal ini, kalian coba terlebih dahulu membaca kalimat terakhir dari soal, biasanya langsung ketebak jawabannya, tanpa membaca soal dari awal.
Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  Berbeda dengan tes sebelumnya yang bertipe Benar-Salah (Benar 5 point, Salah 0 point), pada Tes TIU ini, tidak terdapat jawaban benar atau salah.  Jawaban yang kalian pilih (A, B, C, D, atau E) akan memiliki bobot poin masing – masing, dari 1 sampai 5. Pengalaman teman saya di tes tahun 2018, soal TIU ini paling banyak menyebabkan peserta gugur SKD.  Saran saya sih pilih jawaban yang paling baik dan paling wajar.  Banyak pilihan jawaban yang terlihat paling baik, namun berlebihan/tidak wajar.  Pada tes ini, soal – soalnya meliputi beberapa hal terkait:
  1. Integritas diri,
  2. Semangat berprestasi,
  3. Kreativitas dan inovasi,
  4. Orientasi pada pelayanan,
  5. Orientasi kepada orang lain,
  6. Kemampuan beradaptasi,
  7. Kemampuan mengendalikan diri,
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,
  9. Kemampuan dan kemauan belajar terus-menerus,
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, serta;
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain.



Perlu banget kalian ingat dan catat. Saat mengerjakan soal, jangan terlalu lama berkutat pada soal yang sulit. Saranku, tetap kalian isi dengan ‘jawaban ragu - ragu’, dan tulis di selembar kertas nomor – nomor mana yang tadi jawabannya masih ragu – ragu. Nanti jika masih ada waktu, kalian bisa cek kembali soal – soal tersebut.
Sebelum klik “selesai”, pastikan semua nomor telah terisi. Di bagian bawah layar CAT, akan terdapat kotak berisikan nomor – nomor soal 1 – 100. Jika soal belum terjawab, maka kotak nomor tersebut akan berwarna merah, sedangkan yang sudah terjawab akan berwarna hijau.
Jangan lupa setelah kalian klik selesai atau waktu telah habis, maka layar soal akan tertutup, dan nilai CAT kalian akan muncul. Di saat itulah kalian sudah langsung tahu lolos atau tidaknya dalam tahap CAT.


4. Doa dan Sholawat 
    Setelah segala proses terlewati, jadikan doa dan sholawat sebagai senjata akhir kalian.  Apapun hasilnya, yakinlah itu adalah yang terbaik dan akan menjadi cerita dalam proses kehidupan kalian.

FYI, tidak semua yang lolos SKD akan lolos ke tahap selanjutnya atau SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).  Hanya sebanyak 3 X Formasi orang dengan nilai tertinggi yang akan lanjut.  Jadi jika formasi yang kalian apply ada 5 lowongan, maka yang akan lanjut ke tahap SKB yaitu 3 X 5 = 15 orang dengan nilai tertinggi. So, target kalian bukan hanya lolos passing grade, tapi pastikan bahwa nilai kalian tinggi untuk mengamankan posisi - posisi atas.

Nah, bagi kalian yang lolos, persiapkan diri kalian untuk menghadapi tes SKB.  Biasanya, tahap – tahap SKB bergantung pada masing – masing Instansi Pemerintah yang kalian pilih di awal.  Pada blog selanjutnya, mungkin saya akan kembali kasih Tips & Trik SKB, khususnya di Kementerian PANRB.  Sekian teman – teman, semoga tulisan ini bermanfaat ๐Ÿ˜Š

6 comments: