vg

Wednesday 30 March 2016

LIKA-LIKU PASKA-PENDADARAN: LANGKAH TEPAT
PRA-WISUDA


Di kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang lika-liku paska-pendadaran dan langkah tepat pra wisuda.  Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi.  Jadi langkah-langkah pra-wisuda di tulisan ini berlaku khususnya untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Bagi mahasiswa fakultas lain, tulisan ini bisa jadi rujukan tapiboleh jadi ada beberapa aturan dan ketentuan yang berbeda.

Sebelumnya selamat bagi temen-temen yang sudah sampai tahap pendadaran. Bagi yang belum, tetap semangat, ingat orang tua, terus berjuang, karena selalu ada kesempatan bagi mereka yang berjuang.

Langsung aja, berikut langkah tepat paska pendadaran (pra-wisuda, red):
1. Jangan Putus Asa 
Jangan putus asa jika pada saat pendadaran banyak revisi. Tetap semangat, cepat kerjakan revisinya sebelum otak makin tumpul atau otak bergegas melarikan diri dari kenyataan. Setelah revisi, segera konsultasikan dengan dosen pembimbing, lalu minta "tanda tangan acc revisi". Selanjutnya, temui 2 dosen penguji skripsi untuk minta acc revisi juga. Untuk apa sih acc revisi? sebetulnya acc revisi dari dosen pembimbing dan penguji itu sebagai syarat agar dosen-dosen tersebut mau mengeluarkan "nilai revisi". Jadi, nilai yang keluar pada saat pendadaran baru "nilai sementara". Kalian bisa memperbaikinya di tahap revisi ini. Setelah semua proses selesai, kalian tinggal menunggu nilai keluar di portal.
Langkah 1: Segera Revisi Skripsi
2. Ambil Lembar Pengesahan dan buat Lembar Pernyataan
Selain sebagai syarat untuk memperoleh "nilai revisi", Acc revisi juga sebagai syarat pengambilan lembar pengesahan di kantor jurusan (Kalo MKP UGM bisa diambil di Mbak Yuli). Lembar pengesahan asli (yang sudah mendapat tanda tangan pembimbing dan penguji) kemudian difotocopy 2 kali. Fotocopy-nya diserahkan jurusan, sedangkan yang asli dibawa untuk kelengkapan skripsi. Jangan lupa di-cap! Hal sepele yang sering terlupakan. Setelah itu, jangan lupa membuat lembar pernyataan keaslian skripsi juga.

Lembar Pengesahan yang sudah di-TTD dan di-CAP

Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi

3. CD Skripsi
Jika kalian sudah mendapatkan lembar pengesahan, segera scan dan jadikan satu dengan softfile skripsi kalian. Ketentuan "format softfile skripsi" bisa kalian lihat di website UGM. Ketentuannya sedikit rumit karena harus menggabungkan semua file, memisahkan per bab, bookmark pdf, tambah halaman, penamaan file, burning CD, dsb. Tapi jangan khawatir, banyak juga yang membuka jasa editor skripsi sampai ke tahap burning CD (bagi kalian yang malas ribet). CD yang kalian buat jumlahnya ada 2 (dua):
a. Untuk fakultas: (halaman depan, abstraksi (ingris-indonesia), daftar isi, BAB I Pendahuluan, Isi, Bab Penutup, daftar pustaka, dan naskah komplit.
b. Untuk jurusan (halaman depan, abstraksi (ingris-indonesia), daftar isi, BAB I Pendahuluan, Isi, Bab Penutup, daftar pustaka, dan naskah komplit. Khusus untuk jurusan MKP-UGM, ditambah lagi dengan softfile JURNAL SKRIPSI. Jadi kalian harus bikin jurnal skripsi. Ketentuannya bisa ditanyakan langsung ke jurusan.

CD untuk Jurusan dan Fakultas

4. Upload Softfile Skripsi ke ETD UGM
Selain untuk membuat CD fakultas dan CD jurusan, softfile skripsi (yag sudah sesuai aturan) juga harus di uploud ke ETD. Peng-upload-an ini membutuhkan verifikasi dari pihak ETD, biasanya sekitar 1 - 2 hari kerja. Jika ada kesalahan, maka kalian diwajibkan merevisi dan meng-upload ulang. Jadi jangan lupa perhatikan ketentuan "format softfile skripsi". Sedangkan jika softfile yang diupload sudah benar, maka kalian dapat mengunduh "Surat Bukti Penyerahan Karya Tulis Akhir". Surat tersebut kemudian diserahkan ke perpustakaan universitas untuk mendapatkan cap dan tanda tangan.

Berkas yang Harus Diupload (Kecuali Jurna untuk Jurusan)
Surat Bukti Upload ETD

5. Download "lembar bebas pustaka dan lembar kelengkapan data"
Lembar ini berisi berbagai syarat yang harus dipenuhi mahasiswa untuk keperluan yudisium. Kolom pertama berisi list syarat, dan kolom kedua berisi kolom tanda tangan dan cap. Bisa didownload di website FISIPOL UGM. Syarat tersebut meliputi
a. Meminta tanda tangan bebas pustaka & administrasi jurusan
Bisa didapat dengan menyerahkan CD skripsi jurusan (+tambahan softfile jurnal) seperti keterangan sebelumnya
b. Meminta tanda tangan bebas pustaka & administrasi fakultas
Bisa didapat dengan menyerahkan CD skripsi fakultas seperti keterangan sebelumnya dan telah menyelesaikan segala administrasi perpustakaan, sepeti peminjaman buku dan denda.
c. Meminta tanda tangan bebas pustaka & administrasi universitas
Bisa disapat setelah berhasil uploud file ke ETD UGM seperti keterangan sebelumnya dan telah menyelesaikan segala administrasi perpustakaan, sepeti peminjaman buku dan denda.
d. Meminta tanda tangan bebas pustaka & administrasi Perpustakaan Daerah DIY
Bisa didapat dengan mengunjungi Perpustakaan Daerah DIY (dekat JEC). Syaratnya, harus menyelesaikan administrasi perpustakaan jika terdapat peminjaman atau denda, mambawa KTM/KTP/SIM, dan membayar biaya administrasi Rp.5000.
e. Meminta tanda tangan bebas Administrasi Fakultas
Bisa didapat apabila kalian telah menyelesaikan berbagai admnistrasi fakultas, seperti pembayaran kuliah yang kurang/terlambat, penyelesaian teori, dan lain sebagainya. Untuk mahasiswa FISIPOL UGM bisa meminta ke FO Fakultas.
f. Meminta tanda tangan bukti telah membayar wisuda di bagian keuangan FO Fakultas
Bisa didapat dengan menyerahkan fotocopy bukti pembayaran wisuda. Jika aturannya tidak berubah, pembayaran sebesar Rp.575.000. Pembayaran dilakukan di Bank Mandiri Selatan Fisipol UGM setiap jam kerja.

6. Foto Formal
Kalian membutuhkan beberapa lembar foto (softfile dan cetak) untuk keperluan login wisuda. Foto yang dibutuhkan berukuran 2x3 warna sebanyak 2 lembar, 3x4 warna sebanyak 4 lembar, 3x4 hitam putih sebanyak 2 lembar. Lebih baik kalian mencetak lebih untuk berjaga-jaga. Foto berpose formal, menggunakan baju hitam putih, berdasi, jas warna gelap, tidak bertopi/berpeci, tidak berkaca mata, kerah terlihat, telinga terlihat (bagi yang tidak berjilbab)

7. Login wisuda
Setelah melakukan pembayaran dan nilai skripsi sudah keluar di portal, kalian bisa meminta password "login wisuda" ke FO Fakultas sesuai jurusannya masing-masing. Untuk jurusan MKP, bisa diminta di Bu Wati. Login wisuda bisa diakses disini. Nanti kalian akan diminta untuk memasukan berbagai data pribadi yang dibutuhkan. Hati-hati dalam memasukan data, terutama nama, nim, dan jurusan, karena data tersebut akan digunakan untuk keperluan pencetakan ijazah. UGM tidak akan mencetak ulang ijazah jika terdapat kesalahan akibat kelalaian mahasiswa. Unduhlah langkah-langkah entry data wisuda di website fakultas. Setelah seluruh informasi selesai diisi, kalian bisa mendownload berbagai berkas tambahan, seperti: Bon pinjam toga, Formulir pendaftaran KAGAMA, formulir pencetakan ijazah, dan draft ijazah. Seluruh berkas tersebut kemudian diprint dan ditempel foto.
Portal Login Wisuda


8. Menyerahkan seluruh berkas ke FO fakultas
Setelah seluruh langkah di atas terlewati, kumpulkan semua berkas (berkas saat login, berkas bebas pustaka dan kelengkapan administrasi, dan lampiran-lampiranya) dan diserahkan ke FO Fakultas. Sampai tahap ini, selesai sudah segala keperluan yudisium. Kalian juga akan diberi blanko pengembilan toga dari FO Fakultas
Bon Untuk Mengambil Toga
9. Pemanis Wisuda
Setelah yudisium selesai, kalian bisa sedikit mengambil nafas lega. Sambil menunggu hari-H, jangan lupa mengambil toga (sesuai jadwal yang ada), persiapkan pakaian wisuda, pantau terus informasi mengenai jadwal gladi bersih dan wisuda. Tambahan info, pada saat pengambilan toga nanti, jangan lupa meminta undangan wisuda universitas (di tempat pengambilan toga) dan undangan wisuda fakultas beserta pin (di FO Fakultas). Harap diingat! undangan wisuda harus diberikan kepada orang tua (bukan dibawa sendiri), karena undangan tersebut adalah tiket masuk ke GSP maupun ke acara Fakutas nantinya. Undangan wisuda hanya berlaku untuk 3 orang (wisudawan dan 2 orang keluarga). Jadi, jika membawa anggota keluarga lebih dari 2, mereka tidak bisa ikut prosesi wisuda, hanya diperbolehkan melihat secara tidak langsung di lantai 1 GSP atau di halaman fakultas saat prosesi wisuda fakultas.
 
Itu dia 9 (sembilan) langkah tepat pra wisuda. Langkah-langkah tersebut hanya gambaran umum saja. Sedangkan detail syarat dan informasi bisa kalian unduh di website fakultas atau website UGM. Mengingat banyak teman-teman yang kebingunan dan pengalaman pribadi yang super kepayahan paska-pendadaran, maka semoga tulisan ini bisa membantu. Tetap semangat! ingat orang tua, ingat keluarga, mereka adalah alasan utama perjuangan kita selama ini.
Good Luck!



Related Post:
Kerja Dirumah untuk mengisi waktu luang Pra dan Paska Wisuda disini 
Penghasilan tambahan untuk mengisi waktu luang Pra dan Paska Wisuda disini
Wakil wisudawan: mahasiswa terbaik? disini

3 comments: